Lompat ke isi utama

Berita

Sambut Team Supervisi Bawaslu Jatim, Kordiv PP Bawaslu Tulungagung Sampaikan Urgensinya Petugas Di Front Office

  • Reporter : Mustika Ayu Setyaputri
  • Editor : Pungki Dwi Puspito

Tulungagung (tulungagung.bawaslu.go.id) – Bawaslu Tulungagung menerima supervisi dari Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) Bawaslu Jatim di Kantor Bawaslu Tulungagung, Rabu (31/08/2022). Supervisi yang dilakukan terkait peningkatan kapasitas SDM, terutama di bagian front office kantor Bawaslu Tulungagung.

Salah satu team supervisi dari Bawaslu Jawa Timur, Moh. Alaika Sa’dullah yang merupakan staf Sumber Daya Manusia Bawaslu Jatim, menyampaikan bahwa staf yang ditugaskan menduduki front office harus dapat menjadi garda terdepan dalam pelayanan publik.

Menurut Alaika, masyarakat punya tujuan yang tidak sama ketika berkunjung di kantor Bawaslu. Maka ketika, masyarakat menginginkan pelayanan dalam bentuk informasi, staflah yang pertama menyampaikan penjelasan informasi yang di inginkan. Oleh karena itu, staf yang ditugaskan dalam front office harus mampu memahami produk Bawaslu yang terdapat di setiap divisi.

“Petugas yang berada di front office merupakan seluruh staf Bawaslu yang ditempatkan berdasarkan sistem piket. Sehingga seluruh staf di Bawaslu Tulungagung harus mampu memahami seluruh produk Bawaslu di setiap divisi.  Apalagi masyarakat yang datang ke Bawaslu memiliki tujuan yang bermacam-macam, ada yang bertujuan untuk mengajukan aduan, mengajukan laporan pelanggaran, mendaftar sebagai pemantau Pemilu, dan sebagainya”, papar Alex.

Sementara Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Zuhrotur Rofiqatin atau yang akrab disapa Fifiq saat menyambut kedatangan team supervisi Bawaslu Jatim menaruh harapan atas hasil supervisi dapat menambah peningkatan mutu SDM dan pelayanan di Bawaslu Tulungagung.

Fifiq mengakui, keberadaan petugas di front office mempunyai peran penting dalam melayani segala permintaan informasi terutama pengaduan masyarakat di Bawaslu Tulungagung.  

“Untuk meningkatkan pelayanan penyampaian informasi dan pengaduan masyarakat, peran petugas yang ada di front office sangatlah urgent”, ujar Fifiq.

Tag
Tak Berkategori