Pelayanan Publik biar maksimal, Kepala Sekretariatan Bawaslu Jawa Timur beri penguatan ke Sembilan Belas PPID se Jawa Timur
|
Reporter : Varig Cahyo Utomo
Editor : Pungki Dwi Puspito
Surabaya (tulungagung.bawaslu.go.id) – Demi meningkatkan SDM dikalangan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Bawaslu Kabupaten/Kota (PPID), maka kegiatan ini perlu untuk diadakan dengan harapan bisa memberikan manfaat atas kinerja kita untuk melayani publik serta hasilnya dari kegiatan ini bisa diterapkan secara maksimal, terutama berkaitan dengan permintaan informasi dan dokumentasi di wilayah kerja Bawaslu Kabupaten/Kota.
Demikian disampaikan oleh Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Jawa Timur, Sapni Syahril, S.IP,M.Si saat memberikan materi Penguatan SDM Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Bawaslu Kabupaten/Kota di Kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur, Rabu ( 16/09/2020)
Menurut Sapni, tidak semua informasi dan dokumentasi itu bisa diberikan ke publik. Selaku Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi, harus bisa membedakan informasi mana yang bisa diberikan dan informasi yang tidak bisa diberikan pada publik atau informasi yang dikecualikan.
Selain peran pejabat Pengelola informasi dan dokumentasi, beliau juga menjelaskan peran tim pertimbangan dalam PPID yang tidak kalah pentingnya. Saran dan masukan dari tim pertimbangan sebagai refrensi awal PPID untuk menentukan keputusannya.
“Peran Tim Pertimbangan sangat penting, karena perannya dapat memberikan keputusan jenis informasi yang mana bisa diberikan kepada publik atau tidak. Tetapi wewenang pengambilan keputusan tetap kembali pada atasan PPID setelah berkoordinasi dengan Tim Pertimbangan dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi”, ujar Sapni.
Kegiatan yang berlangsung sehari ini, dihadiri oleh 19 ( Sembilan belas) Kabupaten/Kota se-Jawa Timur yang terdiri dari unsur Koordinator Sekretariatan beserta Staf sekretariatan yang telah menerima Surat Keputusan dari Ketua Bawaslu Kabupaten/Kota tentang Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).