Lompat ke isi utama

Berita

Memasuki Tahapan Distribusi Logistik, Bawaslu Pastikan Tidak ada Kecurangan dan Kesalahan

Bawaslu Tulungagung

Pengecekan Logistik di Gudang KPU Kabupaten Tulungagung oleh Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Timur Dewita Hayu Shinta didampingi Anggota Bawaslu Kabupaten Tulungagung Roudhotul Muttaqin dan Nurul Muhtadin melaksanakan pengawasan pada Sabtu (27/01/2024)

Pada hari Sabtu 27 Januari 2024, bertempat di Gudang KPU Kabupaten Tulungagung, Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Timur Dewita Hayu Shinta didampingi Anggota Bawaslu Kabupaten Tulungagung Roudhotul Muttaqin dan Nurul Muhtadin melaksanakan pengawasan setting dan packing logistik guna memastikan distribusi sesuai dengan prinsip tepat jenis, tepat jumlah, tepat kualitas, tepat waktu, tepat sasaran, serta tepat biaya.

Rombongan Tim Pengawas Bawaslu diterima langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Tulungagung Susanah. Dari hasil dari pengawasan yang dilakukan, pendistribusian logistik kebutuhan Pemilu 2024 dimulai pada tanggal 8 November 2023.

Distribusi logistik pada tahap I selesai pada tanggal 24 November 2023 dengan rincian logistik meliputi kotak suara, bilik suara, tinta, segel, sampul, gembok/kabel ties pengaman kotak suara, alat kelengkapan TPS, PPS dan PPK, dan tanda pengenal. Terpenuhinya semua logistik tahap I yakni pada tanggal 15 Januari 2024 dengan jumlah yang sudah sesuai dengan kebutuhan KPU Kab. Tulungagung, kemudian dari distribusi logistik tersebuttelah ditemukan beberapa kerusakan yang meliputi, kotak suara sebanyak 3 buah, bilik suara sebanyak 7 buah, dan tinta sebanyak 192 buah.

Selanjutnya pada distribusi logistik Tahap II, KPU Kab. Tulungagung mulai menerima logistik tersebut pada tanggal 24 Desember 2023 meliputi surat suara PWPW, surat suara DPR RI, surat suara DPD RI, surat suara DPRD Provinsi, surat suara DPRD Kab/Kota, alat bantu tunanetra PPWP dan DPD, formulir, DCT dan DPC. Kemudian dari hasil sortir logistik tahap II terdapat beberapa surat suara rusak, yakni surat suara PPWP sebanyak 271, surat suara DPR RI sebanyak 154, surat suara DPD sebanyak 51, surat suara DPRD Provinsi sebanyak 1384 dan surat suara DPRD Kabupaten/Kota sebanyak 211, serta masih terdapat kekurangan pengiriman pada seluruh jenis logistik pada tahap II tersebut.

Kegiatan dilanjutkan dengan setting packing logistik dengan rincianKecamatan Ngunut dan pucanglaban pada tanggal 27 Januari 2023, tanggal 28 Januari Kecamatan Kalidawir, tanggungunung, campurdarat dan besuki, tanggal 29 Januari Kecamatan Pakel, bandung, sendang, dan gondang, tanggal 30 Januari Kecamatan Pagerwojo, ngantru, kauman dan karangrejo, dan yang terakhir tanggal 31 Januari Kecamatan Tulungagung, Kedungwaru dan Boyolangu.

Penulis            : Heharero Tesar Ashidiq

Editor               : Nurul Muhtadin